Mitos Kegagalan Cinta Pertama


Hai selamat sore. Barangkali waktu baca ini di tempat lo berada lagi pagi, siang, atau malem. Tapi nggak apa ya, soalnya gue nulis ini waktu sore-sore. Hari ini gue bakal ngebahas sesuatu yang sejujurnya random banget dan gue nggak tau kenapa sejak kemarin pengen banget ngulik topik ini. Terlepas dari  gimana gue bakal mempermalukan diri sendiri atas masa lalu gue. Gue pernah nih baca artikel yang bilang kalo cinta pertama itu selalu gagal. Awalnya sih gue nggak percaya sampai akhirnya gue ngerasain sendiri hal itu.

Lo semua pasti pernah dong punya cinta pertama. Cinta ya bener-bener cinta, alias lo bisa sesuka itu sama seseorang nggak cuma sebatas kagum. Iya gue juga pernah. Waktu kelas 9 SMP, itu pertama kali gue kenal yang namanya cinta walaupun setelahnya gue males banget berurusan sama cinta soalnya selalu bikin gue goblok. Sebenernya perasaan yang gue punya waktu itu cuma bisa disebut cinta monyet tapi ya udahlah ya.

Jadi ceritanya gini, gue adalah tipe orang yang susah banget buat jatuh cinta. Gatau kenapa ya kalo diinget-inget lagi ternyata sepanjang 17 tahun hidup gue baru bener-bener suka cowok dua kali. Nah, cinta pertama gue ini adalah temen kecil gue. Gak usah nanya temen apaan. Dia temen TK gue woi. Sebenernya agak geli ceritanya, kalo inget jadi ilfeel sama diri sendiri. Oke lanjut, gue udah lama banget tuh nggak ketemu sama dia karena gue nggak satu SD atau SMP. Intinya setelah sekian tahun gue bener-bener gak tau kabar dia gimana tapi gue masih inget sama dia.

Sampai suatu hari gatau kenapa semesta kayak lagi bercanda. Kan dulu masih jaman-jamannya facebook tuh, suatu hari waktu musim liburan gue secara nggak sengaja nemu akun facebook dia dong. Awalnya gue nggak yakin-yakin amat itu dia soalnya nama dia pasaran. Terus iseng dong gue stalk dan gue ngeliat foto-fotonya. Jujur mukanya udah beda nggak selucu dulu, ya iyalah orang udah gede. Nah disitu gue nemu  foto kecilnya dia yang akhirnya semakin menguatkan hipotesis gue kali dia emang temen kecil gue. Udah tuh gue add friend terus diterima. Abis itu gatau dapet keberanian dari mana gue mulai nyapa dia dichat. Kalo inget pas itu gue cuma mikir aja, otak gue kayaknya lagi ketinggalan dimana gitu.

Awalnya dia nggak inget gue siapa terus gatau kenapa gue nunjukin foto kita  waktu TK. Sumpah itu gajelas banget kok bisa-bisanya gue kepikiran gitu. Yaudah pokonya abis itu dia inget. Gue tanya-tanya dong dia sekolah dimana dan nggak nyangka aja ternyata dia anak boarding school. Yaudah dari situ kita mulai deket dan gue mulai tuh suka sama dia. Kan berhubung gue juga di asrama gaboleh bawa hp dan dia juga, jadi kita cuma bisa chattingan  kira-kira sekitar dua minggu sekali. Soalnya itu jadwal kita sama-sama dijenguk sama ortu. Udah kan ya waktu berjalan kita udah makin deket. Tapi jangan salah, kita cuma deket di dunia maya soalnya kita nggak pernah ketemuan karena gue ogah juga sih.
sumber : pinterest

Tapi ya namanya juga bocil jelas masih amatir banget tuh masalah cinta-cintaan. Sejauh gue suka dia, gue nggak pernah bilang apa-apa. Gue berakting seolah gue cuma pengen temenan sama dia. Dan waktu SMP ini gue punya temen deket yang jadi tempat curhat. Gue cerita ke temen gue ini kalo gue lagi suka sama temen kecil gue itu. Ya udah singkat cerita temen SMP gue ini juga ikutan deket sama cowok ini istilahnya dia jadi perantaralah. Temen gue ini juga bilang ke cowok ini kalo gue suka sama dia. Dan si cowok ini juga selalu cerita banyak hal ke temen gue tapi gue nggak pernah tau mereka ngebahas apa.

Awalnya hubungan gue sama cowok ini baik-baik aja lancar kayak jalan tol, nggak ada masalah apa-apa. Ya lagian anak SMP punya masalah apa dah. Tapi ya kita tau keadaan itu nggak stagnan, cepat ataupun lambat semua hal bakal berubah. Bertepatan ulang tahun gue yang ke -15, gue masih bisa inget itu dengan jelas. Temen gue ini ngasih gue kado, terus secara tiba-tiba dia cerita ke gue hal selama ini dia rahasiain dong. Dengan muka nggak tega dia bilang kalo cowok yang gue suka ini sebenernya udah suka sama cewek lain, cuma nggak diterima atau gimana gue nggak tau tapi mereka masih deket. Disitu gue udah ngerasa nggak enak dong, gue cuma bisa ngebatin jadi selama ini gue tuh sebatas pelampiasan aja. Gatau kenapa sesungguhnya itu alay banget sih. Kalo keinget rasanya pengen menenggelamkan diri.

Disitu gue marah, gue kesel, pokoknya perasaan gue campur aduk. Tapi gue nggak nangis, soalnya buat gue tabu nangis cuma gara-gara cowok. Udah tuh habis itu gue mulai ngejaga jarak sama ini cowok. Sikap gue yang tadinya biasa aja jadi berubah, gue jadi jutek, marah-marah nggak jelas ke dia. Dan sampai suatu hari gue ngomong kalo gue tau masalah dia sama cewek yang dia suka itu. Terus disitu dia bilang, katanya gue boleh tanya apapun soal itu dan dia bakal jawab. Tapi gatau kenapa gue lebih milih marah-marah daripada menanyakan kejelasan masalahnya. Gue memilih berasumsi sendiri mungkin karena gue setakut itu denger kenyataannya. Terus  habis itu hubungan kita mulai renggang, bahkan sampai sekarang kita canggung banget buat sekadar ngobrol biasa. Kita pernah  saling minta maaf, ya tapi kenyataannya tetep nggak bisa mengubah keadaan. Gue juga sering mencoba ngehubungin dia,  bukan karena apa-apa biar kita bisa akur aja. Tapi yang ada setiap akhir percakapan, justru selalu muncul pertengkaran baru.

Oke cukup segitu aja cerita gue. Males gue cerita panjang lebar apalagi ngebahas jaman-jaman goblok. Yang sebenernya mau gue bahas disini adalah mitos kegagalan cinta pertama. Dari cerita gue lo semua akhirnya bisa menyimpulkan kalo rata-rata cinta pertama itu bakal mengalami kegagalan. Walaupun nggak semua orang mengalami hal itu. Kenapa sih cinta pertama rata-rata selalu gagal?

Dalam kasus ini cinta pertama gue mengalami kegagalan karena banyak faktor. Emang sih di atas nggak gue ceritain makanya gue jelasin disini. Pertama karena waktu itu gue dan dia sama-sama belum dewasa. Terutama gue ya, apalagi nih gue baru pertama kali suka sama cowok. Secara otomatis waktu itu gue ngerasa bahagia banget dong tapi juga ada perasaan bahwa gue nggak pengen kehilangan dia. Gue pengen jadi sesesorang yang spesial buat dia. Dan gue selalu ngeliat masalah sepele yang harusnya bisa diobrolin jadi sebuah masalah besar yang nggak bisa diselesaiin.

Kedua nih, sebenernya gue males banget ngakuin ini. Setelah sama dia gue baru kepikiran kalo gue adalah tipe orang yang posesif. Gatau kenapa jaman-jaman kita deket aku nggak suka banget kalo dia kenal sama cewek lain. Aneh banget ya, padahal gue bukan siapa-siapanya karena waktu itu status gue kan cuma sebagai orang yang naksir dia. Intinya kayak gue selalu ngatur-ngatur hidup dia, seolah gue paling tau diharus temenan sama siapa aja. Itu buruk banget, kadang gue ngerasa bersalah ikut campur kehidupan orang lain. Padahal setiap orang kan punya hak untuk menentukan apa yang dia pengen lakuin.

Ketiga, gue selalu menjadi orang yang mendominasi. Gatau kenapa, dulu gue selalu merasa gue itu lebih hebat dari dia. Gue suka bicara banyak hal yang menarik menurut gue dan kemudian gue baru sadar kalo dia jadi nggak punya ruang yang cukup buat bicara soal kehidupannya. Intinya gue selalu menganggap bahwa hal-hal yang gue sukai itu yang paling baik dan gue memandang apa yang disukai itu aneh. Iya, dia suka baca komik, novel, nonton film-film picisan. Dulu gue berpikir bahwa dia aneh banget. Masa cowok menye-menye sih, itu yang gue pikirin dulu.

Itu tiga alasan yang menurut gue membuat cinta pertama gue gagal. Sebenernya masih banyak lagi tapi gue males nulisnya dan rasanya cukup segini aja gue mempermalukan diri sendiri. Hahahahahaha. Tapi tau nggak sih, setelah gagal gue emang ngerasa patah hati banget. Kayak setiap inget dia, rasanya sedih banget, pengen marah, nggak nafsu makan, tapi juga nyesel. Nyesel banget kenapa dulu gue se-alay itu.

Tapi ya nggak apa-apa, dari situ gue belajar banyak hal baru. Belajar buat bagaimana gue seharusnya menempatkan perasaan gue. Bagaiamana gue harus menjaga dan memahami perasaan orang lain. Dan bagaimana gue harus bersikap. Karena yang bakal jadi pondasi kuat dalam sebuah hubungan adalah kontribusi dua orang, bukan aku atau kamu saja. Dan karena patah hati ini juga gue belajar menjadi pribadi yang kuat, nggak gampang baperan cuma gara-gara digombalin cowok. Selain itu berkahnya gue jadi bisa bikin karya. Gue bisa mengenang dia lewat tulisan-tulisan gue. Terakhir gue cuma mau bilang sama dia, makasih udah ngasih gue pelajaran hidup sebanyak ini. Semenyebalkan apapun itu lo adalah muse terbaik di hidup gue saat ini :)


Sekian dari gue semoga kalian nggak muntah baca cerita gue yang alay ini. Mungkin kisah cinta kalian lebih belibet dari cerita gue. Dan untuk kegagalan-kegagalan cinta yang kalian alami baik pertama, kedua, ketiga, atau lebih semoga kalian bisa berdamai dengan masa lalu.

sumber : pinterest

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi-puisi Cinta Yang Entah Untuk Siapa

Sempurna Yang Sesungguhnya Ialah Sederhana

Euthanasia