Postingan

Writer Block

Gambar
Akhir-akhir ini gue lagi ngalamin writer block. Sebenernya bukan sekali ini, bisa dibilang udah sering. Hahhh jujur rasanya tuh nyebelin banget. Kalo biasanya pas gabut gue bisa nulis sekarang tuh nggak. Jadi yah di rumah nggak bisa ngapa-ngapain. Butuh waktu lama cari inspirasinya. Mungkin gegara lama nggak keluar juga jadinya otak gue kek kopong banget gitu. Sedih banget lagi, beberapa tulisan gue yang harusnya bisa nambah jadi nggak kesentuh sama sekali.




Kemarin sih pernah niat banget mau nulis gitu buat ikutan lomba. Gue udah siap-siap woi pagi-pagi. Abis subuh gitu bawa buku sama pulpen terus duduk tenang. Soalnya biasanya kalo pagi kan pikiran kita masih fresh gitu, ya siapa tau aja dapet ilham. Lama banget gue mikir tuh, merenung kek apa gitu.Tapi hasilnya tetap zonk. Ya udah akhirnya gue nyerah. Ya emang sih itu bukan lomba yang segitunya bergengsi cuma lomba yang kayak biasa gue ikut tapi berhubung gue perfeksionis jadi kek harus bagus aja. Kenapa gitu ya. Nggak tau sih cuma g…

Untuk Tuan Hitam

Pertemuan SuramDi lorong-lorong paling gelapGaung-gaung suram direkat oleh pengapAda ruang sesak yang barangkali sanggup menciutkan nyaliDinding-dinding penuh semak berduri,yang justru menjadi sebuah ruang temuAku dan kauTidak ada yang dibicarakan selain kesialan-kesialanUcapku barangkali telah sanggup merusak gendang telingamuKau berbisik selanjutnya, “Ini pertemuan paling suram”Sisanya hanya aku dan…..kau memilih hengkang
Kanvas HitamKau suka warna-warnaPelangi pada kanvas putih yang kau sapukanTapi barangkali sebuah pertemuan suram,pada akhirnya membawa sebuah kanvas hitamKanvas putihmu kehilangan objek lukisnyaWarna-warnamu pudar,telah serupa cat murahan yang luntur oleh air mataDipaletmu hari ini kulihat hanya sebatas hitam,yang lalu kau sapukan penuh pada kanvas kosongAku telah menjelma ribuan kesialan dan kanvas hitam penuh rapalan duka

Kangen Liburan

Gambar
Definis kangen liburan yang sesungguhnya tuh ada saat ini. Tiga bulan di rumah aja, tiap hari nggak punya kegiatan apa-apa. Bisa dibilang liburan, ya liburan dari sekolah offline, kerja offline. Tapi bukan bener-bener libur. Gue ngerti semua orang saat pandemic kayak gini tuh, pasti kangen banget sama yang namanya liburan keluar rumah. Main-main jauh, ngumpul-ngumpul, ngeliat alam, apapun yang selama ini biasa aja. Sama, gue juga kangen liburan. Pengen maen sama temen, pengen ngeliat air. Sumpah kangen banget sama pantai, kangen makan seafood. Ahhh yaudahlah mau gimana lagi.

Jadi inget setahun yang lalu, abis lebaran gitu bisa study tour ke Bali-Lombok. Sekarang mah keluar kota juga masih was-was. Walaupun udah digaung-gaungin sama pemerintah new normal. Tapi ya sama aja, virus nggak bisa dideteksi. Eh, takutnya entar malah kenapa-kenapa. Waktu itu gue memutuskan ikut study tour dari sekolah soalnya pengen aja jalan-jalan jauh keluar pulau. Sebenernya ini nggak wajib, jadi banyak temen…

Capek

Gambar
Pernah nggak lo ngerasa capek? Ya, capekaja padal lo nggak ngapa-ngapain gitu. Lo cuma duduk atau rebahan seharian sambil scroll HP saking gataunya mau ngapain lagi. Terutama di masa pandemic kayak gini. Sumpah ya, sekarang gue lagi berada di fase itu. Masa tiap hari nggak punya kegiatan selain tidur, makan, scroll HP. Ya cuma gue scroll aja. Ngebuka social media juga cuma liat-liat abis itu tutup lagi. Ngebuka wasap cuma buat nontonin SW orang-orang terus kalo kepengen reply ya gue reply tapi giliran dibales gue nggak ngebales lagi. Bales chat temen-temen beberapa hari kemudian kalo gue inget. Jujur jenuh banget rasanya. Pengen ngobrol langsung gitu soalnya udah males serba online semua.
Dulu semua orang kayak berpikiran kalo semua yang online-online tuh bakal mempermudah hidup manusia. Istilahnya perkembangan zaman itulah. Tapi tetep aja tuh faktanya kalo semua serba online ya sama aja ribet. Soalnya lama-lama kita juga jenuh. Manusia emang butuh sosialisasi langsung nggak cuma lewa…

#Cerpen01 Delivery Order

Gambar
Memasuki masa-masa lockdown ini aku tidak lagi melakukan banyak kegiatan. Seharian ini aku hanya rebahan sembari memandangi layar handphone. Tidak ada pesan penting yang masuk sekadar membuka tutup aplikasi sosial media yang kumiliki. Perkuliahan online sudah selesai sejak pukul 12.00 tadi, bapak dosen tidak banyak menjelaskan materi hanya meninggalkan tugas.
Kuhela napas berat, mataku memandangi langit-langit kamar indekost. Aku berasal dari luar daerah diluar Pulau Jawa dan berkuliah disalah satu universitas ternama ibukota. Sejak seminggu lalu kostku sudah mulai sepi sejak wabah corona menyebar luas dan menghantui Indonesia. Tapi aku tetap berada di kost berhubung akhir-akhir ini keuangan emak sedikit sulit. Aku terpaksa tidak pulang kampung karena tak tega meminta uang untuk membeli tiket. Bayangkan saja, untuk mengirimiku uang bulanan saja emak sedikit kesulitan karena harus membiayai pengobatkan bapak yang sedang stroke.
Aku pun terpaksa kerja part time disalah satu kios fotokopi…

Selamat Tinggal Sampai Jumpa Kembali

Gambar
Katanya masa-masa SMA itu adalah masa-masa paling indah. Selalu ada banyak cerita dengan berbagai warna disana. Banyakorang dewasa yang rindu masa putih abu-abu. Barangkali kalo Doraemon beneran ada mereka bakal pinjem mesin waktunya terus balik kesana. Tapi emang bener sih, SMA itu indah. Awalnya gue sih nggak sepercaya itu tapi sekarang gue bahkan bisa bilang masa-masa SMA ini bakal menjadi masa yang paling gue rindukan.
Nggak kerasa ya, kayaknya baru kemarin kita ikutan MPLS. Pake baju putih biru, polos, takut-takut, kayak orang bingung. Time flies so fast. Dan tiba-tiba aja kita udah ada dipenghujung kelas 12. Gue nggak nyangka aja ternyata 3 tahun bisa secepet ini. Rasanya belum rela melepas orang-orang baik yang udah membersamai perjalanan 3 tahun ini. Inget nggak waktu awal kelas 10, kita semua belum dewasa. Hampir semua masalah diselesaikan dengan ego dan amarah. Kita belum paham kalo berbeda pendapat dan keyakinan itu bisa menjadi sesuatu yang indah. Kalo inget jadi pengen ket…

Cita-cita Paling Absurd

Gambar
Gue yakin setiap orang pasti punya cita-cita. Entah itu jadi dokter, polisi, tentara, desainer, pelukis, jadi holkay, jalan-jalan keluar negeri, punya jodoh cakep, punya anak banyak, bisa beli iphone 11, dan masih banyak cita-cita lain yang lebih absurd. Pun gue ngerasa cita-cita gue ini salah satu yang paling absurd bin aneh bin kemungkinan tercapainya cuma 0.001%. Tapi nggak apa, kan nggak ada juga yang mau ngelarang kita buat bercita-cita. Soal tercapai atau nggak itu urusan belakangan yang penting usaha.
waktu masih SD gue tiba-tiba punya keinginan buat jadi guru. Tau nggak kenapa? Soalnya gue mikir aja jadi guru kayaknya gampang abis itu bisa jadi PNS terus entar kalo udah pensiun dapet duit pensiunan. Selain itu kayaknya peluang tercapainya juga gede. Cita-cita ini bertahan lumayan lama sih, sampai sekitaran kelas 1 SMP. Tapi terus menguap gitu aja. Gatau juga kenapa. Kayaknya gara-gara makin kesini gue semakin tau aja jadi guru itu susah. Ya bayangin ajakita disuruh mencerdaskan…