Selamat Tinggal Sampai Jumpa Kembali




Katanya masa-masa SMA itu adalah masa-masa paling indah. Selalu ada banyak cerita dengan berbagai warna disana. Banyak  orang dewasa yang rindu masa putih abu-abu. Barangkali kalo Doraemon beneran ada mereka bakal pinjem mesin waktunya terus balik kesana. Tapi emang bener sih, SMA itu indah. Awalnya gue sih nggak sepercaya itu tapi sekarang gue bahkan bisa bilang masa-masa SMA ini bakal menjadi masa yang paling gue rindukan.

Nggak kerasa ya, kayaknya baru kemarin kita ikutan MPLS. Pake baju putih biru, polos, takut-takut, kayak orang bingung. Time flies so fast. Dan tiba-tiba aja kita udah ada dipenghujung kelas 12. Gue nggak nyangka aja ternyata 3 tahun bisa secepet ini. Rasanya belum rela melepas orang-orang baik yang udah membersamai perjalanan 3 tahun ini. Inget nggak waktu awal kelas 10, kita semua belum dewasa. Hampir semua masalah diselesaikan dengan ego dan amarah. Kita belum paham kalo berbeda pendapat dan keyakinan itu bisa menjadi sesuatu yang indah. Kalo inget jadi pengen ketawa. Satu masalah yang gue inget, kita cek cok satu kelas sampai ada yang nangis cuma gara-gara masalah mabit. Iya, nggak ada yang mau ikutan mabit di sekolah. Dan yang terkenang juga kelas bawah trembesinya. Kelasnya gelap, bekas bangunan Belanda, lantainya gelap juga jadi nggak keliatan kalo kotor, terus selalu ada kejutan di pagi hari ya apalagi kalo buka tai burung di atas meja. Tapi enaknya kelasnya adem sih.

Kelas 11. Kita sering banget di marahin guru gara-gara berisik banget. Berhubung kelasnya deket sama kelas 12 kakak kelas juga sering keganggu. Tahun kedua ini rasanya agak berat, ya karena guru-gurunya ganti semua. Kalo di kelas 10 guru-gurunya bisa dibilang biasa aja, kelas 11 ini ya lumayan killer. Dari mulai pelajaran matematika yang horror, ya kali setiap pelajaran selalu diabsen buat ngerjain soal di papan tulis. Kalo nggak bisa ngerjain nggak boleh mundur. Sumpah ya setiap pelajaran matematika gue selalu berdoa biar tanggalnya nggak pas nomer absen gue. Tapi kalo diinget-inget gue lumayan sering maju. Terus pelajaran lain yang menurut gue berat itu sejarah. Kayaknya hampir tiap ulangan harian sekelas remed semua. Sumpah sih kadang remed sampe materinya nempel banget di kepala. Terus yang nggak bisa dilupain juga, maju ngehafalin 19 pertempuran dan itu kocokan. Sumpah sih kesel banget waktu itu gara-gara gue yang maju pertama. Agak curiga sih gurunya sebel sama gue soalnya gue nolak olim sejarah. Lu boleh bilang alay atau gimana ya tapi rasanya maju pertama sejarah tuh kayak mau meninggal.

Tapi semua itu terkenang banget dihati. Nggak pengen gue lupain gitu, biar bisa jadi cerita buat anak-anak gue besok. Kelas 12. Tahun ketiga ini nggak genap 1 tahun. Nggak banyak yang berubah dari kita. Masih tetep berisik di kelas atas sana. Masih tetep sering berangkat on time alias mepet banget. Di awal-awal kita udah dikasih jam ke-0 yang maksa buat berangkat jam 06.15. Tapi emang dasar kelas kita paling rajin ya, jam segitu aja yang berangkat nggak pernah full satu kelas. Ya, pasti ada kaum-kaum telat. Di kelas 12 ini kita ngelewatin banyak hal mulai dari try out UN, try out USP, UPRAK, dan USP. Beberapa hari kemarin kita udah mau selesai USP tinggal 3 hari doang. Ternyata Tuhan punya rencana lain. Ya, gara-gara corona kita terpaksa libur terus USP online. Awalnya nggak kepikiran apa-apa tuh ternyata UN juga ditiadakan.

Lu tanya gue sedih apa seneng? Dua-duanya. Seneng karena selama ini gue nggak belajar serius buat UN dan akhirnya nggak perlu ketemu sama matematika lagi. Tapi sedih karena gatau kapan keadaan bakal membaik. Sedih sih, harusnya ini jadi waktu-waktu terakhir buat ketemu dan kumpul bareng kalian semua. Kita nyiapin GKS terus habis itu wisuda. Tapi nggak tau semua itu bakal cuma jadi rencana atau terlaksana. Dua minggu nggak denger suara-suara berisik kalian dan nggak ngeliat tingkah-tingkah aneh kalian, jujur kangen. Semoga keadaan lekas membaik ya, kawan. Semoga nggak sungguhan ada perpisahan tanpa kata-kata perpisahan. Terima kasih 3 tahun paling berharganya. Terima kasih sudah mengajarkan empati dan saling menghargai. Ditunggu kabar sukses kalian semua. See you on top guys :)







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sempurna Yang Sesungguhnya Ialah Sederhana

Puisi-puisi Cinta Yang Entah Untuk Siapa

Euthanasia